Selasa, 23 November 2010

Social Network

Apa yang anda lakukan ketika menghadapi jendela dunia maya yang siap mengantar anda ke mana saja ? membuka email , membuka situs berita , atau membuka situs jejaring sosial ? blogging ? dan lain - lain ? Anda pasti setuju bila saya berpendapat bahwa kebanyakan dari kita para pengguna internet cenderung membuka situs jejaring sosial terlebih dahulu daripada situs - situs lainnya . Apakah Facebook itu ? saya pernah membaca suatu artikel di internet yang menyatakan bahwa Facebook adalah situs jejaring sosial yang memungkinkan orang yang pengetahuan teknologinya minim pun bisa bergabung dengan mudah . Apa tidak terlalu berlebihan ? bagaimana pendapat Anda ?

Dari Wikipedia , Facebook adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 . Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg , seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School .

Pada awal masa kuliahnya situs web jejaring sosial ini , keanggotaannya masih dibatasi untuk mahasiswa dari Harvard College . Dalam dua bulan selanjutnya keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston seperti Boston College , Universitas Boston , MIT , Tufts , Rochester , Stanford , NYU , Northwestern , dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League . Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan secara berturut - turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya . Akhirnya , orang - orang yang memiliki alamat surat atau email suatu universitas seperti : .edu , .ac , .uk , dll dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini .

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah - sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar . Sejak 11 September 2006 , orang dengan alamat surat atau email apa pun dapat mendaftar di Facebook . Penggunanya dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia , seperti berdasarkan sekolah , tempat kerja , atau wilayah geografis .

Hingga Juli 2007 , facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs - situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia . Dari September 2006 hingga September 2007 , peringkatnya naik dari posisi ke - 60 ke posisi ke - 7 situs paling banyak dikunjungi , dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat , mengungguli situs publik lain seperti Flickr , dengan 8 , 5 juta foto dimuat setiap harinya .

Facebook adalah sebuah media baru bagi para pengguna internet untuk mengekspresikan diri , terutama lewat foto - foto . Lebih jauh lagi dan lebih asyik lagi bila ekspresi - ekspresi itu diabadikan menggunakan kamera ( kalau dengan lukisan atau tulisan , terlalu lama , dan teramat sulit ). Jadilah sebuah foto dengan ekspresi yang kadang dipaksakan dan dibuat - buat . Foto memang dapat mewakili milyaran kata , kalimat , bahkan paragraf , tapi semua itu hanya ada dalam pikiran kita , melintas , lalu - lalang , kemudian pergi entah ke mana . Suatu saat kita melihat foto itu , timbul pikiran baru / bangkit pikiran lama yang lagi - lagi menguap karena tak terdokumentasikan .

Mengutip tulisan Mas Bambang Haryanto , kita tahu memotret itu gampang . Sedangkan menulis itu sangat sulit . Menulis , sampai sekarang saya belum bisa menulis dengan baik . Saya lebih sering mengutip tulisan - tulisan orang lain yang saya anggap luar biasa , dan saya tampilkan di blog sederhana ini . Bagi sebagian orang , menulis dapat menjadi hal yang sangat gampang tetapi bagi kebanyakan orang memotret lebih mengasyikan daripada menulis . Memotret dapat menampilkan diri kita secara tidak utuh . Singkatnya , yang secara dominan tergambar dalam foto adalah kekayaan , kerupawanan , kekuasaan , dan status sosial , lalu bagaimana dengan ide - ide kita ? Masih dari Mas Bambang : Di media maya , siapa saja memang bebas berekspresi sesuai dengan selera masing - masing . Boleh serius boleh juga tidak serius . Termasuk egaliter untuk berbuat kesalahan .

Empat belas tahun lalu majalah TIME telah menyajikan edisi khusus Welcome to Cyberspace . Salah seorang wartawannya , Philip Elmer - DeWitt ketika menulis artikel pembukanya antara lain mengatakan “ Dilucuti dari berbagai jeratan eksternal seperti kekayaan , kekuasaan , kecantikan dan status sosial , seseorang cenderung dinilai kehadirannya di dunia maya Internet hanya berdasarkan ide - ide dan kemampuan untuk menjelaskannya dalam prosa yang bernas dan bergairah ”

Semua pilihan ada pada masing - masing individu , dengan apa dan bagaimana kita mengekspresikan diri . Tak ada paksaan untuk memajang foto , menulis sesuatu yang spesifik atau hal - hal yang mungkin dianggap remeh , panjang atau pendek , di facebook atau blog . Kita memiliki kebebasan ( yang bertanggung jawab pastinya ) , maka tak ada keharusan , yang ada hanya ajakan mari kita ber ekspresi dan juga berkreasi .

- Teknologi canggih di situs jaringan sosial facebook -

Siapa sih yang gak mengenal facebook ? Dari kalangan orang tua sampe anak SD aja udah tau apa itu facebook , bahkan mereka juga punya account facebook . Di stasiun televisi sana sini juga sering memberitakan bahwa facebook sering menjadi sarana untuk melakukan kejahatan , namun ada juga yang digunakan untuk sarana pendidikan . Wah dapat kita bayangkan ya , berapa juta orang yang menggunakan facebook ? Saya pernah membaca suatu artikel , bahwa jumlah pengguna facebook di tahun 2010 ini hampir mencapai 300 juta orang . Ya jelas gak heran lagi karena facebook merupakan salah satu social network terbesar di dunia pada saat ini .

Dengan banyaknya user facebook dan applikasi - applikasi yang dijalankan cenderung berat seharusnya facebook berjalan lambat di browser . Bayangkan saja , setiap harinya server facebook melayani berjuta - juta data berupa foto , video , applikasi - applikasi , chatting , dan tentu saja mail . Dari artikel yang pernah saya baca , server facebook melayani 2 sampai 3 terabyte upload foto perhari , menampilkan 300.000 foto perdetik , dan mengelola lebih dari 15 milyar foto . Belum lagi pelayanan mailnya . Nah dengan adanya fakta tersebut , seharusnya facebook berjalan lambat dan berat dalam browser . Tetapi kenapa hal ini tidak tejadi ? Bahkan setiap harinya facebook tetap berjalan ringan dalam browser , memberi kenyamanan bagi usernya , dan jarang sekali server facebook ini down . Apakah misteri dibalik ini semua ?

Jawabannya adalah ... Banyak kemungkinan kenapa situs jaringan sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg ini tetap berjalan ringan pada browser . Jumlah server dari facebook ini telah mencapai 30.000 unit server yang tersebar di seluruh negara yang ada di dunia ini . Ya , itu salah satu alasan mengapa facebook tetap ringan berjalan di tiap - tiap negara .

Sebagai jaringan sosial terbesar di dunia , facebook tidak hanya mengandalakan server yang banyak untuk memperingan kerja programnya di browser , tapi juga menggunakan memcached untuk menyimpan data sementara . Memcached merupakan sebuah software yang biasa digunakan oleh situs - situs raksasa di dunia seperti wikipedia , youtube , flickr , digg , dan tentu saja facebook .

Mamcached sebenarnya merupakan software semacam hash yang dapat menyimpan data berupa integer , string , bahkan object dan datanya disimpan di dalam RAM hingga sangat cepat diakses . Data yang diambil dalam database akan disimpan di dalam memcached , sehingga jika user meminta data tersebut maka akan diambilkan dari memcached , sehingga tidak akan memberatkan database server . Jika data suatu user berubah maka kode dari user harus memberi tahu mamcached bahwa datanya telah berubah atau user langsung bisa mengupdate data pada memcached tersebut sehingga software ini dapat meringankan beban secara significant .

Facebook juga mempercepat kinerja PHP dengan menggunakan HipHop for PHP . HipHop for php ini merupakan proyek opensource. Cara kerjanya adalah seperti halnya dengan transformer atau sebagai pengubah , yaitu mengubah kode PHP menjadi kode c++ yang efisien dan melakukan kompilasi dengan g++ .

- Pengaruh situs jejaringan sosial -

Dengan berkembangnya dunia teknologi , saat ini banyak situs - situs jejaring sosial yang menyedot perhatian banyak massa . Sebut saja Facebook yang belakangan ini sangat digandrungi anak kecil , remaja maupun dewasa . Sudah dapat dipastikan situs jejaring sosial ini memiliki dampak positif dan negatif bagi penggunanya itu sendiri . Pemanfaatan internet akhir - akhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat . Media internet tidak lagi hanya sekedar menjadi media berkomunikasi semata , tetapi juga sebagai bagian tak terpisahkan dari dunia bisnis , industry , pendidikan dan pergaulan social . Khusus mengenai jejaring social atau pertemanan melalui dunia internet , atau lebih dikenal dengan social network pertumbuhannya sangat mencengangkan .

Jejaring sosial adalah sebutan lain terhadap web community . Jejaring sosial adalah tempat untuk para netter berkolaborasi dengan netter lainnya . Bentuk kolaborasi antara lain adalah
* saling bertukar pendapat / komentar
* mencari teman
* saling mengirim email
* saling memberi penilaian
* saling bertukar file dan lain sebagainya

Intinya situs jejaring sosial di kategorikan sebagai inter - aktivitas , contohnya :

1 . Jaringan sosial di internet
Jejaring sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul - simpul ( umumnya adalah individu atau organisasi ) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai , visi , ide , teman , keturunan , dll .
Jejaring sosial sebagai struktur sosial yang terdiri dari elemen - elemen individual atau organisasi . Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas , mulai dari mereka yang dikenal sehari - hari sampai dengan keluarga .

2 . Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota , kerja , sekolah , dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain . Orang juga dapat menambahkan teman - teman mereka , mengirim pesan , dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya .

Tentu saja situs jejaring sosial ini memiliki banyak dampak positif dan negatif atau banyak keuntungan yang diperoleh juga kerugian yang dihasilkan .

Dampak negatif :

1 . Kecanduan situs jejaring sosial seperti Facebook juga bisa membahayakan kesehatan karena memicu orang untuk mengisolasikan diri . Meningkatnya pengisolasian diri dapat mengubah cara kerja gen , membingungkan respons kekebalan , level hormon , fungsi urat nadi , dan merusak performa mental .

2 . Seseorang yang menghabiskan waktunya di depan komputer akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktivitas ini dapat menimbulkan kondisi fisik yang lemah , bahkan obesitas .

3 . Kerusakan fisik juga sangat mungkin terjadi . Bila menggunakan mouse atau memencet keypad ponsel selama berjam - jam setiap hari , seseorang dapat mengalami cedera tekanan yang berulang - ulang . Penyakit punggung juga merupakan hal yang umum terjadi , pada orang-orang yang menghabiskan banyak waktu duduk di depan meja komputer .

4 . Media elektronik , seperti komputer , laptop , atau handphone ( ponsel ) juga menghancurkan secara perlahan - lahan kemampuan anak - anak dan kalangan dewasa muda untuk mempelajari kemampuan sosial dan membaca bahasa tubuh . Maksudnya adalah seseorang akan mengalami pengurangan interaksi dengan sesama mereka dalam jumlah menit per harinya menyebabkan jumlah orang yang tidak dapat diajak berdiskusi mengenai masalah penting , menjadi semakin meningkat setiap harinya .

Dampak positif :

1 . Memperluas pergaulan .

2 . Sebagai media promosi dalam bisnis .

Semenjak situs jejaring sosial seperti facebook muncul jadi menyedot perhatian publik . Sebagian besar menghabiskan waktu berjam - jam untuk mengunjungi situs tersebut . Oleh karena itu diperlukan cara untuk mengatasi kecanduan jaringan sosial ini seperti dengan membatasi waktu penggunaan internet , terutama situs jaringan sosial . Kita juga perlu belajar menggunakan jaringan internet secara bijak sehingga kita tidak menjadi orang yang mencandu akan jejaring sosial . Sebaiknya para pengguna situs jejaring sosial ini tidak harus berhenti total untuk tidak menikmati situs tersebut , namun lebih bijak kalau secara perlahan untuk menguranginya yaitu dengan mengurangi jam bermain Facebook .

Tidakkah anda kecanduan jaringan sosial internet ?

Kecanduan jaringan sosial internet ( internet social network ) , kedengarannya merupakan sesuatu yang mustahil terjadi . Terlalu mengada - ada . Mana mungkin jaringan sosial internet bisa menjadi candu , jika tidak bisa dinikmati seperti layaknya makanan ?

Namun kecanduan jaringan sosial internet merupakan ancaman yang benar - benar ada . “ Facebook adalah tempat yang menyenangkan . Anda tak perlu berurusan dengan hal - hal yang merepotkan ” kata Joanna Lipari , psikolog University of California , Los Angles .

Memang dampak negatif jaringan sosial internet belumlah setragis dampak negatif narkoba . Atau secara psikologis belum mampu membuat semangat orang terpuruk , seperti para caleg yang depresi karena tidak terpilih . Namun ancaman ini benar - benar nyata . Seorang ibu di Amerika Serikat mengatakan bahwa anaknya menghabiskan waktu berjam - jam untuk bermain di jaringan sosial internet . Panggilan , bahkan e-mailnya tidak diindahkan sama sekali .

Ada lagi kisah pasangan suami istri yang harus berpisah hanya karena salah satu dari mereka berhubungan via jaringan sosial internet dengan mantan pacarnya . Kepada mantan pacarnya , orang itu menulis pesan bahwa pernikahannya tidaklah sebahagia yang diharapkan . Bahkan seorang anak harus mati bunuh diri hanya karena membaca tulisan seorang temannya yang sudah dewasa bahwa kehidupan orang dewasa tidaklah menyenangkan .

Memang belum ada bukti nyata tentang dampak negatif jaringan sosial internet . Namun ada sebuah survei terhadap pekerja di Amerika Serikat ( US ) dan Inggris ( UK ) mengenai penggunaan internet untuk kepentingan pribadi pada jam kerja . Survei ini menyatakan 63 % responden mengaku sibuk dengan e-mailnya di tempat kerja . 51 % responden US dan 56 % responden UK melakukan on line up date secara reguler di tempat kerja . 85 % responden US dan 89 % responden UK mengira bahwa penggunaan internet untuk keperluan pribadi di tempat kerja masih bisa diterima oleh perusahaan . Bahkan 72 % responden US dan 80 % responden UK mengatakan bahwa mereka seharusnya diberi akses lebih besar menggunakan internet untuk kepentingan pribadi . Dan jika dibuat aturan pembatasan penggunaan internet untuk kepentingan pribadi , hanya 5 % responden US dan 3 % responden UK yang akan menaatinya . Penggunaan jaringan internet perusahaan untuk keperluan pribadi secara berlebihan tentu akan membebani jaringan internet perusahaan .

" Ah itu kan di Amerika dan di Eropa , kita kan di Indonesia " Mungkin kita akan berpikir demikian . Namun ada baiknya jika kita mengaca diri . Ada berbagai ciri yang kelihatannya akurat dalam mengukur kecenderungan ini .

Joanna Lipari menyajikan lima ciri pecandu Facebook . Pertama , mengurangi jatah tidur malam demi Facebook . Kedua , menghabiskan lebih dari saju jam tiap hari hanya untuk bermain di Facebook . Ketiga , berhubungan dengan mantan kekasih dan menjalin cinta yang obsesif . Keempat , mengurangi jatah bekerja karena Facebook lebih menarik . Dan kelima , jika Anda kehilangan akses terhadap Facebook , Anda berpikir akan “ berkeringat dingin ”

Julian Cole juga menyajikan ciri - ciri kecanduan jaringan sosial internet . Pertama , sering mengunjungi situs jaringan sosial . Kedua , mengalami dampak negatif psikologis dan fisikis jika tidak dapat mengakses jaringan sosial internet . Dan ketiga , menjadwalkan kegiatan - kegiatan di sekitar waktu on line .

Natali del Conte , senior editor CNET com , mengatakan bahwa jika anda normal maka anda harus mampu hidup normal di dunia nyata tanpa kehadiran jaringan sosial internet .

Tora Stiles menuliskan 10 tanda jika Anda kecanduan Facebook . Pertama , Facebook menjadi “ homepage ” mu . Kedua , Anda meng - up date status Facebook lebih dari dua kali sehari . Ketiga , Anda memiliki 500 “ teman ” , dimana separuhnya belum pernah Anda temui . Keempat , jika Anda tidak di depan komputer Anda akan mengaktifkan Facebook HP . Kelima , Anda menjadi Facebook “ stalker ” , yaitu jika melihat profil orang lain dengan atau tanpa pesan . Anda menarik dan memasang ( dragged and dropped ) lebih dari tiga foto Facebook . Keenam , Anda mengganti foto profil Anda . Ketujuh , Anda memeriksa Facebook Anda ketika membaca artikel ini . Kedelapan , Anda menghapus “ dinding ” Anda sehingga kelihatan jarang mengunjungi Facebook . Kesembilan , Anda menjadi anggota lebih dari sepuluh group dan merespon setiap ajakan meski Anda tahu bahwa group tersebut belum tentu bermanfaat bagi Anda . Dan kesepuluh , Anda mengubah status hubungan Anda sehingga orang lain terkacaukan .

Mengapa jaringan sosial internet mampu mempengaruhi keseharian hidup kita ? Menurut Mary Helen , dalam jaringan sosial internet , arus informasi berdatangan dengan sangat deras . Secara normal informasi ini akan dicerna oleh logika dan dilanjutkan ke area emosi . Jika informasi terlalu cepat berubah , maka akan terjadi kesenjangan antara logika yang menerima informasi dan emosi . “ Jika sesuatu terjadi terlalu cepat , Anda mungkin akan kehilangan emosi Anda terhadap orang lain dan akan berpengaruh terhadap moralitas Anda ” kata Mary Helen .

Berdasar scan otak diketahui bahwa orang bisa memproses dan merespon kesengsaraan orang lain . Namun butuh waktu untuk mengungkapkannya . Masih menjadi pertanyaan di kalangan ahli bagaimana ongkos emosi ( emotional cost ) jika hal ini terjadi pada orang muda .

Bagaimana solusinya ?

Natali del Conte menyatakan bahwa solusinya adalah dengan menghindari kecenderungan kecanduan internet . Pertama , dengan menentukan alokasi dan batasan waktu penggunaan internet , terutama situs jaringan sosial . Kedua , dengan mematikan dering tanda e-mail ( e-mail notifications ) . Ketiga , jangan meninggalkan jendela ( window ) jaringan sosial internet terbuka jika sekiranya sudah tidak terlalu dibutuhkan . Keempat , jangan menggunakan aplikasi jaringan sosial internet pada HP .

Kita juga perlu belajar menggunakan jaringan internet secara bijak . Ada baiknya Anda membaca surat - surat Paus ( www.vatican.va ) dalam rangka Hari Komunikasi Sosial Sedunia , terutama untuk tahun 2009 ini . Bapa Suci menulis bahwa hendaknya mode komunikasi digunakan untuk mendorong kemajuan peradaban . Artinya mengoptimalkan yang positif dan meminimalkan yang negatif . Meski ajaran ini dikeluarkan oleh institusi Gereja , namun ajaran ini bersifat universal , sehingga bisa dipelajari oleh siapa saja .

- Generasi facebook di Indonesia -

Hanya sedikit orang pernah mendengar tentang Indonesia . Dengan pengecualian dari dongeng Pulau Bali , dan berita buruk dari serangan teroris langka , dan bencana alam sesekali , namun Indonesia adalah keempat terbesar pengguna situs jaringan sosial Facebook . Yang telah menjadi sesuatu yang kontroversi , dan banyak norma sosial dalam suatu Negara lebih dari 225.000.000 orang .

Jaringan sosial adalah hal yang baru untuk Indonesia , bahkan " Jaringan Sosial " merupakan bagian intricle kedua tradisional , dan kehidupan Indonesia modern . Dalam negara berkembang , yang sebagian besar lolos dari resesi Dunia saat ini , ini tradisi " Jaringan Sosial " telah on-line .

Sebuah generasi baru Indonesia cerdas bersih , yang terutama tinggal di Negara pusat perkotaan telah memeluk Facebook , sebagai milik mereka . Posting gambar yang cinta Indonesia untuk mengambil profil memperluas , dan mengambil keuntungan dari fasilitas chatting yang kebanyakan orang Indonesia senang menghabiskan waktu mereka lakukan .

sumber :
http://windha-kumala.web.ugm.ac.id/?p=52
http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=13826

Tidak ada komentar:

Posting Komentar