Selasa, 12 Oktober 2010

we know nothing dan we know all things

Apa yang anda semua ketahui tentang maksud kalimat di atas ?
Dan termasuk golongan yang mana kita sekarang ini ?

We know nothing dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang berarti " kita tidak mengetahui apa - apa " . Tetapi apabila kita hanya menterjemahkan kata - kata itu ke dalam bahasa Indonesia maka kita tidak akan menemukan arti apapun .
Dan kita semua pasti nya akan memilih " we know all thing " daripada " we know nothing " karena bila di terjemahkan arti dari we know all things adalah kita " kita mengetahui semua nya " .
Orang yang memilih we know all things ataupun we know nothing tidak dapat disalahkan karena cara pandang tiap orangnya pasti berbeda satu dengan yang lainnya .

We know nothing memang merupakan kata - kata dalam bahasa inggris yang bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia . Tetapi disini tidak dipertanyakan mengenai terjemahan dari kata - kata tersebut .
Yang akan dibahas adalah makna yang ada di dalam kata - kata itu sendiri .

Bumi itu hanya bagaikan sebuah titik di mata Tuhan . Semua manusia hidup di bumi berarti manusia seharusnya terlihat lebih kecil dibandingkan bumi yang hanya di gambarkan sebagai sebuah titik . Kira - kira seperti partikel - partikel elektron yang memiliki massa dan berat sebesar 1,6 x 10'9 C .
Manusia tidak mungkin mengetahui semua yang ada di dunia ini .
Oleh karena semua manusia tidak ada yang sempurna , hanya Tuhan yang mengetahui segala sesuatunya dan dapat melakukan yang manusia tidak dapat lakukan .

Sebenarnya kalimat we know nothing juga tidak dapat dibenarkan begitu saja . Kalimat ini pastinya masi menimbulkan banyak keraguan bagi yang membacanya .
Apa mungkin para ilmuan yang terkenal pintar seperti Albert Einstein dan Thomas Alpha Edison dikatakan sebagai orang yang tidak tahu apa - apa ? Bila mereka tidak tahu apa - apa bagaimana mungkin mereka bisa menciptakan rumus - rumus perhitungan matematika dan fisika , bom atom yang ledakannya bisa sangat dahsyat , mesin uap , juga listrik yang selalu kita gunakan dati dulu sampai saat ini .
Dan yang anehnya bila orang seperti mereka dikatakan tidak mengerti apa - apa , lalu bagaimana dengan orang seperti kita ?

We know all things apabila di artikan berarti kita tahu segalanya .
Apabila kita merasa semua hal sudah kita ketahui maka kita tidak akan berusaha untuk belajar dan mencari tahu tentang hal lainnya . Dari situ kita akan menjadi orang yang sombong dan menganggap semua orang rendah dimata kita .

We know nothing is better than we know all thing .
Mengapa demikian ? Bukankah mengetahui segala hal jauh lebih baik daripada tidak mengetahui hal apapun ?

Mungkin kita pernah mendengar pepatah yang berbunyi “ manusia tidak pernah puas dengan hal yang sudah dimilikinya “ , saya dapat menangkap pepatah ini dalam dua pengertian yaitu pengertian positif dan juga pengertian negatif . Dikatakan negatif karena terkadang dalam kehidupan ekonominya manusia tidak pernah puas akan apa yang telah dimilikinya dan dia terus menerus mencoba mendapatkan yang lebih , melebihi apa yang sudah menjadi batas kemampuannya . Hal tersebut membuat hidupnya bersifat konsumtif bukannya produktif . Padahal di luar sana banyak orang yang memiliki kehidupan ekonomi yang pas – pasan atau bahkan kurang tetapi meraka tetap bersyukur .

Dapat juga dikatakan positif karena manusia tidak pernah merasa puas akan ilmu pengetahuan , infformasi , dan sebagainya yang telah dimilikinya sehingga manusia akan terus dan terus belajar dalam hidupnya . Inilah maksud dari “ we know nothing “ . Sebagai manusia , terus belajar dan menggali ilmu sedalam – dalamnya merupakan hak dari tiap individu . Dalam menggali ilmu pendidikan biasanya pikiran kita akan langsung tertuju tentang sekolah atau perguruan tinggi . Padahal dalam menggali ilmu pengetahuan dapat dibagi menjadi dua macam . Yaitu secara formal dan non formal .

Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur jelas dan berjenjang . Terdiri atas pendidikan usia dini ( taman kanak – kanak ) , pendidikan dasar ( SD ) , pendidikan menengah pertama ( SMP ) , pendidikan menengah atas ( SMA ) , pendidikan menengah kejuruan ( SMK ) , dan yang terakhir pendidikan tinggi ( universitas , akademi , politeknik atau institut ) .

Pendidikan non formal adalah pendidikan diluar hal yang telah disebutkan dalam pendidikan formal tersebut . Pendidikan non formal biasanya banyak tersedia pada usia dini serta saat pendidikan dasar . Seperti TPA atau Taman Pendidikan Al – Quran yang biasanya terdapat di setiap mesjid . Atau ada juga kegiatan sekolah minggu yang banyak disediakan di gereja – gereja . Selain itu ada juga berbagai macam kursus . Diantaranya kursus musik , bimbingan belajar , dan lain sebagainya .
Dalam dunia yang akan terus berkembang tentunya kita dituntut untuk terus menerus belajar dan menggali informasi sebanyak – banyaknya . Banyak cara yang dapat dilakukan dalam menggali informasi baik dengan cara membaca , bergaul dengan banyak orang , bermain , dan sebagainya . Dari situ kita bisa mendapatkan informasi bahkan belajar banyak hal yang sebelumnya tidak kita ketahui . Kita harus membuka mata dan telinga akan apa yang berada di sekitar kita karena apa yang kita dapatkan di sekolah maupun perkuliahan tidak aka nada artinya jika tidak diaplikasikan di masyarakat .

Di era globalisasi ini setiap individu memang di tuntut untuk bisa lebih kreatif . Kekreatifan itu tentunya bisa didapatkan dengan bergaul dengan masyarakat luas . Orang yang menutup mata dan telinganya atau tidak mau tahu tidak akan pernah bisa berkembang . Maksudnya menutup mata dan telinga disini adalah tidak mau mencari tahu informasi dan pelajaran dari lingkungan sekitarnya , baik itu dalam dunia nyata maupun dunia maya .

Belajar untuk hidup dan hidup untuk belajar adalah kata – kata yang mempunyai makna yang intinya kita sebagai manusia yang mempunyai akal pikiran akan terus belajar karena ilmu itu tidak ada habisnya .
Seperti pepatah kuno , spintar - pintarnya ilmu manusia hanya bagaikan setitik air di lautan yang luas . Begitu luasnya ilmu pengetahuan yang ada sehingga otak kita yang kecil tidak mampu untuk menampung semuanya .

Tanpa belajar orang tidak akan mungkin bisa hidup . Orang yang tanpa ilmu tentu saja sangat tidak berguna dan tentu tidak berharga .
Nilai jual kita juga ditentukan dari ilmu dan kemampuan yang kita miliki . Nilai jual yang dimaksud disini adalah harga kita atau berapa kita akan dibayar oleh suatu perusahaan tempat kita bekerja . Semakin tinggi ilmu yang kita miliki maka semakin dibutuhkannya kita dan semakin tinggi gaji yang akan kita dapatkan nantinya .

Untuk mau belajar tentu harus memiliki mootivasi tertentu . Belajar haruslah berdasarkan niat dari diri setiap individu itu sendiri . Dengan adanya niat yang kuat akan muncul suatu motivasi untuk belajar dan belajar akan semakin mengasyikan . Belaajar yang monoton lama – lama akan menimbulkan suatu kejenuhan . Hal inilah yang banyak terjadi pada pendidikan di Indonesia . Begitu banyaknya tuntutan kepada murid , baik itu berupa tugas maupun materi pada kurikulum yang padat dan berubah – ubah . Situasi seperti itulah yang membuat murid – murid banyak yang stress dan terbebani dalam belajar . Akibatnya hal tersebut merubah perilaku para murid , mereka jadi sering bolos sekolah , dan melakukan hal – hal yang tidak baik lainnya .

Mungkin benar bila dikatakan belajar itu tidak boleh enaknya saja , namun seharusnya ada variasi dalam system belajar agar system pendidikan itu lebih efektif . Kita ambil contoh Negara Jepang , berikut ini adalah contoh cerita di sekolah menengah atas ternama di negeri matahari tersebut :

SMA Nakamura merupakan sekolah dengan level menengah ke atas . SMA Nakamura berdiri pada tahun 1953 dan sama halnya seperti sekolah – sekolah lainnya di Jepang , sekolah itu memiliki fasilitas sekolah yang tergolong lengkap . SMA Nakamura adalah sekolah yang menganut system full time course dengan hari belajar dari senin hingga hari jumat . Sekolah itu bertujuan untuk mengarahkan lulusannya melanjutkan ke PT . Ada 935 siswa yang sedang belajar di SMA Nakamura , terdiri dari 8 kelas untuk masing – masing tingkatan . Masing – masing kelas terdiri dari sekitar 40 orang siswa . Mereka semua diajar oleh 61 guru tetap dan 19 guru honorer . Sebagaimana SMA lainnya di Jepang , jam pelajaran pertama dimulai pada pukul 8.45 dan berakhir pada pukul 15.15 . Ada 31 jam pelajaran selama 5 hari belajar , masing – masing hari ada 6 jam kecuali hari rabu terdapat 7 jam pelajaran . Satu jam pelajaran lamanya sekitar 50 menit .

Salah satu ciri khas SMA Nakamura adalah adanya reading session yang diselenggarakan untuk siswa – siswi kelas 1 dan juga 2 . Pada kegiatan ini masing – masing kelas dianjurkan untuk memilih satu buku yang akan didiskusikan bersama di dalam kelas . Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang luas dan saling pengertian antar siswanya dalam hal mengeluarkan pendapat dan mengapresiasi pendapat dari orang lain .

SMA Nakamura jugga telah menjalin program Sister School dengan Melbourne Girl School di Australia . Juga mengikutkan siswanya dalam program Summer Camp di US . Beban biaya program pertukaran siswa ditanggung sepenuhnya oleh orang tua murid dan program ini merupakan program yang ditawarkan kepada siswa nya sendiri . Tampaknya hal ini berlaku di semua sekolah , bahwa kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar bebannya dilimpahkan sepenuhnya kepada orang tua siswa itu sendiri . Oleh sebab itu secara otomatis program tersebut hanya dapat diikuti oleh keluarga dengan ekonomi yang memadai atau lebih .

SMA Nakamura juga mengundang mahasiswa asing yang sedang belajar di berbagai universitas di Nagoya untuk memberikan informasi tentang negaranya kepada siswa – siswa melalui program pertukaran budaya . Dalam kaiatannya dengan upaya mengenalkan siswa kepada kehidupan pasca SMA , diadakan juga program Nakamura Mirai Juku yang melibatkan alumni SMA Nakamura untuk memberikan pelajaran tentang bidang kuliahnya masing – masing .

Begitu beragamnya kegiatan belajar mengajar di negara Jepang sehingga membuat siswanya tidak merasa jenuh dala kegiatan belajar . Hal tersebut sangat berbeda dengan kegiatan belajar di Negara kita Indonesia yang cenderung itu – itu saja dan tidak bervariasi .

Kita telah membahas apa maksud dari “ we know nothing “ , dan belajar adalah kata kuncinya . Lalu bagaimana dengan “ we know all thing “ . Mengapa mengetahui segala hal tidak jauh lebih baik daripada mempelajari berbagai macam hal ? Mengetahui berbagai macam hal adalah hal yang didambakan oleh setiap orang . Karena dengan begitu menandakan orang yang cerdas , pandai , berwawasan luas , dan sebagainya . Tetapi terkadang orang yang sudah mengetahui segala macam hal akan menjadi sombong dan tidak mau mendengarkan orang lain di sekitarnya karena dia merasa dirinya telah mencapai titik puncak dari suatu ilmu pengetahuan . Padahal ilmu pengetahuan itu tidak ada batas nya , ilmu pengetahuan akan terus bertambah seiring jalannya waktu .

Orang yang berfikiran “ we know nothing “ akan terus berkembang dibandingkan dengan orang yang menganggap dirinya “ we know all thing “

“ Jika kau hanya melakukan apa yang kau tahu bisa kau kerjakan , kau tidak akan bisa berbuat lebih “ – Tom Krause ( 1934 )

Kalimat itu jelas menggambarkan jika kita hanya melakukan apa yang kita bisa dan kita ketahui saja maka kita tidak akan mendapatkan hal yang baru dan hal yang berguna lainnya yang belum kita ketahui . Mencoba hal baru adalah hal yang dianjurkan dalam quotes ini , karena dengan mencoba hhal baru dan belum pernah kita lakukan maka akan memberikan pengetahuan baru yang tentunya akan berguna bagi masa depan kita nantinya . Seperti yang kita tahu pengalaman adalah guru yang paling baik , maka dari itu dengan mencoba berbagai hhal kita akan mendapatkan pengalaman – pengalaman yang akan membuat kita semakin pintar dan semakin matang .


JANGAN TAKUT GAGAL


Bill Gates adalah orang terkaya di dunia selama 14 tahun berturut – turut . Kekayaan nya pada tahun 2009 mencapai US $ 58 milyar atau bisa dikatakan lebih besar dari cadangan devisa Negara Indonesia . Tapi apakah ia tidak pernah mengalami kegagalan ?

Banyak orang yang membicarakan tentang keberhasilannya , padahal ia juga mengalami banyak kegagalan di antara nya adalah :
- Pada tahun 1998 – 2001 Bill Gates meluncurkan Auto PC untuk merevolusi hiburan dalam mobil . Namun mobil – mobil sudah dilengkapi dengan berbagai macam CD – Player , GPS , dan sebagainya sehingga produknya tidak diminati .
- Pada 1995 – 1996 Bill Gates meluncurkan program BOB namun sayangnya program tersebut membutuhkan kinerja lebih banyak dari yang dimiliki oleh kebanyakan computer yang ada pada masa itu dan pasar pun tidak menerimanya .
- Pada tahun 1991 Bill Gates merancang program CAIRO dan setelah menghabiskan banyak uang dan waktu akhirnya CAIRO dibatalkan .
- Bill Gates membuat sebuah took music online MSN music pada tahun 2004 kemudian gagal lalu dibuat lagi UGRE pada tahun 2006 dan kemudian gagal juga .
- Program origami / UMPC yang dirilis pada tahun 2006 juga pernah gagal dipasarkan .

Bill Gates menunjukkan orang yang berkali – kali gagal saja bisa menjadi orang terkaya di dunia . Kegagalan dan kesuksesan terkadang berjalan secara pararel . Kita bisa mengalami kegagalan dan keberhasilan dalam waktu yang bersamaan .

Orang sukses adalah orang yang mampu bangkit dari kegagalan , bukannya orang yang tidak pernah mengalami kegagalan sama sekali . Kebanyakan orang sukses memang seperti itu , meski tidak semua orang sukses melalui jalan penderitaan dan kegagalan . Meskipun demikian kesuksesan sebuah usaha membutuhkan perjuangan yang tidak pernah mengenal lelah .

Manusia yang bodoh itu dapat menjadi pandai , yang lambat dapat menjadi cerdik dan ternyata semua itu dapat dihasilkan dari belajar dan berusaha . Harus kita sadari bahwa perubahan itu bisa terjadi dipengaruhi dari mental models dalam diri kita masing - masing . Ada orang yang tidak berani mengemukakan ide dan gagasannya , walaupun sebenarnya ia mempunyai banyak pengalaman yang mungkin orang lain tidak memiliki itu . Sehingga seolah - olah ia menjadi orang yang terbelakang .

Karena mental models tiap orang berbeda dengan orang lainnya maka harus diupayakan dengan menyamakan persepsi sehingga bisa berubah menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lainnya .
Ide atau gagasan yang dimunculkan akan bisa diperbaiki atau dilengkapi oleh orang lainnya sehingga dikemudian hari bisa di aplikasikan dan diimplementasikan dengan baik .
Tuhan telah membentuk otak manusia dalam dua bagian , yaitu otak kiri dan otak kanan . Kedua fungsi otak ini harus sama - sama terlatih secara seimbang supaya mampu mengungkapkan apa yang ada dalam pikirannya dan juga dapat mengungkapkannnya perasaannya . Sehingga ada kesamaan dengan apa yang dikatakan dan juga dipikirkan .

Setiap orang yang mengungkapkan ide , gagasan atau melakukan suati tindakan juga dipengaruhi oleh paradigma yang ada dalam dirinya . menurut Prof. Dr. Mustopadidjaja, MPIA paradigma sebagai suatu teori dasar atau cara pandang yang fundamental , dengan dilandasi nilai - nilai tertentu , dan berisi teori pokok , konsep , asumsi metodologi atau cara pendekatan para teoritisi dan prkatisi dalam menanggapi suatu permasalahan baik dalam kaitannnya sebagai pengembangan ilmu maupun dalam upaya pemecahan masalah bagi kemajuan hidup manusia itu sendiri .

Dalam era global ini orang cenderung mengadopsi teori asing . Kalu tidak berbicara berdasarkan teori barat seakan - akan teori itu dianggap tidak ilmiah atau orang itu dianggap berfikiran mundur .
Padahal kita sebagai bangsa Indonesia yang tinggal di wilayah Indonesia ini harus bangga dengan teori lokal yang masi bisa digali lagi dan mampu menjadi daya ungkit untuk melakukan berbagai macam perbaikan , yang penting adalah persepsi yang sama dalam menggunakan teori .
Sebaik apapun teori itu dihapal apabila tidak mampu mengasumsikan dan merefleksikan dengan baik sesuai dengan lingkungan sekitar maka teori itu tidak akan berfungsi .

- Sukses itu berawal dari mimpi
- Sukses itu selalu bermula dari proses belajar
- Sukses itu pengembangan diri . Tiada kesuksesan tanpa melalui proses yang panjang .
- Sukses itu adalah proses bukanlah sebuah hasilnya saja
- Sukses itu sebuah perjalanan bukan sebuah tujuan
- Sukses adalah penggunaan secara maksimal segenap potensi , bakat serta kemampuan
- Sukses itu cukup sedikit di atas rata - rata

Orang yang mau belajar adalah orang yang tergolong dalam " we know nothing " karena ia mau terus berusaha tanpa takut gagal dan terus belajar dari kegagalannya yang terdahulu demi menjadi orang yang lebih baik dan orang yang sukses .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar